Kopi adalah minuman yang memiliki beragam varian, dan dua di antaranya yang sering membuat kebingungan adalah Cappuccino dan Latte. Meskipun terlihat serupa pada pandangan pertama, keduanya memiliki perbedaan yang dapat diidentifikasi dengan mudah. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mudah membedakan antara Cappuccino dan Latte agar Anda bisa menikmati minuman kopi favorit Anda dengan lebih baik.

  1. Proporsi Kopi, Susu, dan Busa

Salah satu perbedaan utama antara Cappuccino dan Latte adalah proporsi antara kopi, susu, dan busa. Cappuccino umumnya memiliki rasio yang lebih seimbang antara ketiganya, dengan setengah bagian cangkir diisi dengan espresso, setengahnya lagi dengan susu, dan ditutup dengan lapisan busa kental di atasnya. Sementara itu, Latte memiliki lebih banyak susu dan lebih sedikit busa, dengan proporsi umumnya 1:3:1 (espresso:susu:busa).

  1. Ketebalan Busa

Busa pada Cappuccino biasanya lebih tebal dan kental. Ini memberikan rasa yang lebih kaya dan intens, dan busa cenderung menutupi permukaan kopi dengan lebih rapat. Di sisi lain, busa pada Latte lebih tipis, memberikan minuman kesan yang lebih ringan dan lebih halus. Memperhatikan ketebalan busa dapat menjadi cara cepat untuk membedakan antara kedua minuman ini.

  1. Tampilan Permukaan Minuman

Melihat tampilan permukaan minuman juga bisa membantu membedakan Cappuccino dan Latte. Cappuccino akan memiliki permukaan yang lebih gelap karena kandungan kopi yang lebih tinggi, sedangkan Latte akan tampak lebih cerah karena proporsi susu yang lebih banyak. Menyaksikan perbedaan warna ini dapat menjadi petunjuk visual yang berguna.

  1. Gaya Penyajian

Selain proporsi dan tampilan, gaya penyajian juga bisa menjadi ciri khas untuk membedakan Cappuccino dan Latte. Cappuccino sering disajikan dalam cangkir yang lebih kecil, sementara Latte biasanya dihidangkan dalam cangkir yang lebih besar. Ukuran cangkir ini sesuai dengan perbandingan kandungan kopi dan susu dalam masing-masing minuman.

  1. Keunikan Cita Rasa

Cappuccino memiliki cita rasa yang lebih intens dan kuat dibandingkan dengan Latte. Kombinasi espresso yang kental, susu, dan busa menghasilkan rasa yang penuh dan berani. Di sisi lain, Latte memiliki rasa yang lebih lembut dan ringan karena proporsi susu yang lebih tinggi. Memahami perbedaan rasa ini dapat membantu Anda menentukan minuman mana yang lebih sesuai dengan selera Anda.

  1. Pilihan Varian Rasa

Cappuccino dan Latte juga hadir dalam berbagai varian rasa. Beberapa tempat kopi menyediakan Cappuccino dengan tambahan rasa seperti cokelat atau vanila, yang mungkin tidak umum ditemui pada Latte. Sebelum memesan, perhatikan pilihan varian rasa yang ditawarkan oleh kafe untuk menyesuaikannya dengan preferensi Anda.

  1. Kandungan Kalori

Jika Anda memperhatikan aspek kesehatan dan kandungan kalori, perbedaan dalam komposisi Cappuccino dan Latte dapat mempengaruhi pilihan minuman Anda. Karena Cappuccino memiliki lebih sedikit susu, biasanya memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan Latte yang memiliki proporsi susu yang lebih tinggi.

  1. Waktu Konsumsi yang Umum

Selain komposisi, beda Cappuccino dan Latte juga sering dikaitkan dengan waktu konsumsi yang berbeda. Cappuccino lebih sering dikonsumsi di pagi hari atau sebagai minuman pendamping sarapan, sementara Latte sering menjadi pilihan untuk santai di sore hari atau malam.

Cappuccino dan Latte, meskipun seringkali terlihat serupa, memiliki perbedaan yang cukup jelas dalam proporsi kopi, susu, dan busa, ketebalan busa, tampilan permukaan minuman, gaya penyajian, cita rasa, pilihan varian rasa, kandungan kalori, dan waktu konsumsi yang umum. Dengan memahami perbedaan ini, Anda dapat dengan mudah memilih minuman kopi favorit Anda sesuai dengan selera dan preferensi pribadi. Selamat menikmati cangkir kopi yang penuh kenikmatan!